18 Juni 2016

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai Sobat, kali ini saya akan membagikan materi tujuan dan manfaat jaringan komputer. Jadi silahkan dibaca atau dipelajari.

Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

  1. Tujuan Membangun Jaringan Komputer

  2. Tujuannya adalah untuk membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

      Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu:
    1. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
    2. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari masalah gangguan (noise).
  3. Manfaat Jaringan Komputer

    1. Manfaat yang didapat, yaitu:
    2. Sharing Resources
    3. Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau pripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

    4. Media Komunikasi
    5. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna.

    6. Integrasi Data
    7. Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ketempat lainnya. Maka jadilah data yang terintegrasi.

    8. Pengembangan dan Pemeliharaan
    9. Dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer cukup satu saja yang dapat digunakan bersama-sama. Juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya melindungi dari virus cukup memusatkan perhatian pada harddisk komputer pusat saja.

    10. Keamanan Data
    11. Pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif pada sistem jaringan komputer.

    12. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
    13. Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Juga data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.


Sumber: Masgie.wordpress.com
Sekian informasi dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar